Sabtu, 09 April 2011

32 Persen Jalan Tasikmalaya Rusak

(Foto/Ilustrasi)
, KOMPAS.com - Kerusakan jalan di , Jawa Barat tidak tertangani oleh pemerintah daerah setempat. Keterbatasan anggaran menjadi alasan ketidakmampuan pemda memperbaikinya. 

Berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Pengairan , panjang jalan yang kondisinya rusak mencapai 421,8 kilometer atau 32,3 persen dari total panjang jalan yang mencapai 1.303,3 kilometer.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan Rahmat Hidayat, Selasa (8/2/2011), mengatakan, diperlukan Rp 421,8 miliar untuk memperbaiki seluruh jalan yang rusak. Sedangkan pemda di tahun ini hanya mampu menganggarkan Rp 10 miliar untuk pemeliharaan jalan dan pengairan.

Rahmat berharap, anggaran untuk perbaikan jalan yang minim itu bisa bertambah pada anggaran perubahan menjelang akhir tahun nanti. Salah satu jalan yang paling rusak di ialah jalan menuju obyek wisata Gunung Galunggung di Kecamatan Sukaratu.

Jalan menjadi hancur karena sering dilalui truk pengangkut pasir dari kaki Gunung Galunggung. Jalan sepanjang sekitar lima kilometer itu terakhir kali diperbaiki tahun 1980-an.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sukaratu Dadih Abdulhadi sempat menyerukan warga Sukaratu untuk tidak menggunakan suara pada pemilihan bupati 9 Januari 2011 selama pemda tidak memperbaiki jalan menuju Galunggung.

Tidak ada komentar: