Sabtu, 16 April 2011

Kapal Pesiar Simbol Baru Orang Kaya Asia

Kapal mewah milik Taipan dunia di Monako (Foto/bbc.co.uk)
Orang-orang super kaya di Asia kini menjadikan kapal pesiar sebagai simbol status menggantikan limusin, jet pribadi dan properti super mewah lain.  "Saya senang punya kapal pesiar karena seperti rumah yang dapat bergerak, dan pemandangannya berbeda setiap hari," kata taipan Singapura, Arthur Tay. Tay memiliki kapal pesiar yang mendominasi klub marina yang ia dirikan di kawasan ekslusif Sentosa, Singapura. "Saya bisa bersantai di kapal dan terhindar dari kebisingan," kata Tay kepada kantor berita AFP.


Tay mengatakan ia membawa kapalnya tiga kali dalam satu bulanbersama keluarga dan teman-teman ke tujuan wisata seperti Phuket dan Bali. Ia menolak menyebutkan harga kapal namun sumber eksekutif AFP mengatakan harga kapal mewah sekitar US$12 juta.

Orang Super Kaya Asia Meningkat

Jean-Jacques Lavigne, direktur Asosiasi Superyacht Singapura, SSA, mengatakan 216 kapal bersandar di Asia. Kapal pesiar mewah ia definisikan sebagai kapal dengan ukuran lebih 24 meter. "Ada dua faktor yang menyebabkan tingginya permintaan kapal mewah. Yang pertama jelas meningkatnya jumlah orang kaya di Asia, dan yang kedua investasi dalam prasarana, sebagian besar membangun marina yang berkualitas," kata Lavigne kepada AFP.

Majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes bulan Maret lalu mencatat Asia sebagai kawasan kedua terbesar taipan di dunia di bawah Amerika Serikat, dan unggul dari Eropa untuk pertama kali dalam sejarah. Jumlah orang super kaya di Asia dengan kekayaan satu miliar dolar Amerika atau lebih naik menjadi 332 orang tahun 2011 dari 234 tahun lalu, dengan pertumbuhan paling cepat di Cina, dari 69 menjadi 115 orang.

Indonesia Juga Bangun Marina

Jumlah itu melampaui miliuner Eropa yang tercatat 300 orang sementara di Amerika 413 orang. Monaco Yacht Show dari grup Informa Yacht menyelenggarakan pertemuan pertama Asia di Singapura untuk lebih memperkenalkan kapal pesiar mewah kepada taipan Asia.

"Kami mencoba menjadikan Singapura sebagai pusat superyacht di Asia Tenggara seperti halnya Monako dan Asia," kata Andy Treadwell, direktur grup itu. Sejumlah 81 kapal pesiar mewah berkunjung ke Singapura tahun 2010 naik dari 16 tahun 2006, menurut Asosiasi Superyacht Singapura (SSA).

Sejumlah marina tengah disiapkan di Singapura dan juga di negara lain seperti Indonesia, Cina dan Korea Selatan. Lavigne dari SSA mengatakan Cina merencanakan "ratusan marina" di sepanjang pesisirnya sementara Indonesia merencanakan membangun di kawasan yang lebih terbelakang untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir.

Sumber Blog: http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2011/04/110416_superyacht.shtml

Tidak ada komentar: